Karang Taruna

31 Januari 2017 19:25:03 WIB

KARANG TARUNA 

Organisasi sosial wadah pengembangan generai muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakatterutama generasi muda diwilayah desa/kelurahan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial. 

Sebagai wadah pengembangan generasi muda, Karang Taruna merupakan tempat diselenggarakannnya berbagai upaya atau kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya generasi muda dalam rangkapengembangan sumber daya manusia (SDM) 

Karang Taruna tumbuh dan berkembang atas dasar adanya kesadaran terhadap keadaan dan permasalahan di lingkungannya serta adanya tanggung jawab sosial untuk turut berusaha menanganinya. Kesadaran dan tanggung jawab sosial tersebut merupakan modal dasar tumbuh dan berkembangnya Karang Taruna.

A. Tujuan Karang Taruna 

  1. Terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan kesadarantanggung jawab sosial setiap generasi muda warga Karang Taruna dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial.
  2. Terbentuknya jiwa dan semangat kejuangan genersai muda warga Karang Taruna yang tampil dan berkebribadian serta berpengetahuan.
  3. Tumbuhnya potensi dan kemampuan generasi muda dalam rangka mengembangkan keberdayaan warga Karang Taruna.
  4. Penyelenggaraan kegiatan pengembangan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda di lingkungannya.
  5. Penanaman pengertian, memupuk dan meningkatkan kesadaran tanggung jawabsosial generasi muda.
  6. Penumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan, jiwa kekeluargaan, kesetiakawanan sosial.
  7. Pemupukan kreatifitas generasi muda untuk dapat mengembangkan tanggung jawab sosial yang bersifat rekreatif, kreatif, edukatif, ekonomis produktif dan kegiatan praktis lainnya dengan mendayagunakan segala sumber dan potensi kesejahteraan sosial di lingkungannya secara swadaya.
  8. Penyelenggara rujukan, pendampingan, dan advokasi sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial.
  9. Penguatan sistem jaringan komunikasi, kerjasama, informasi dan kemitraan dengan berbagai sektor lainnya.
  10. Penyelenggaraan usaha-usaha pencegahan permasalahan sosial yang aktual.

 

B. Tugas Karang Taruna

Setiap Karang Taruna mempunyai tugas pokok secara bersama-sama dengan pemerintahan desa dan komponen masyarakat lainnya untuk menggulangi berbagai masalah kesejahteraan soial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatifmaupun pengembangan potensi muda di lingkungannya.

 

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sukowetan

tampilkan dalam peta lebih besar